Header Ads

ads header

Breaking News

Kesbangpol Provinsi Lampung Gelar Rapat Koordinasi Se-Provinsi Lampung

Bandar Lampung (SUARA INTELEKTUAL COM)Kesbangpol Provinsi Lampung Gelar Rapat Koordinasi Se-Provinsi Lampung
Dalam rangka melaksanakan  rapat koordinasi badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Daerah Se-Provinsi Lampung, pada hari Rabu sampai dengan Jumat tgl 1 sampai 3 Maret 2023 di Hotel Horison Bandar Lampung. Rabu, (08/03/2023).

Rakor dibuka oleh sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Lampung mewakili kepala badan Kesbangpol provinsi Lampung.

Rapat koordinasi tersebut meliputi, diskusi Forum pembaharuan kebangsaan, arahan pelaksanaan program paskibraka dan bimbingan Teknis aplikasi Transparansi paskibraka, serta pelaksanaan program program bidang ideologi tahun anggaran 2023.

Dalam diskusi Forum pembaharuan kebangsaan yang dipimpin langsung oleh ketua forum pembaruan kebangsaan (FPK) provinsi Lampung, prof.DR. Bustomi mengatakan bahwa, perlunya pembentukan FPK tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kampung Se-Provinsi Lampung.

Lanjunya FPK merupakan wadah konsultasi, koordinasi dan komunikasi antar pengurus satuan etnis atau suku dengan instansi pemerintah di daerah demi terciptanya hubungan yang harmonis.

Diharapkan pemerintah daerah dapat mendukung terbentuknya forum pembaruan kebangsaan (FPK) di masing masing kabupaten atau kota serta dapat memberikan dukungan anggaran atau dana hibah kepada FPK demi mendukung eksistensi FPK dalam menjaring aspirasi masyarakat serta menyelenggarakan forum  dialog dengan  pimpinan organisasi pembaharuan kabangsaan pemuka adat, suku dan masyarakat.

Arahan program pelaksanaan paskibraka dan bimbingan Teknis transparansi paskibraka yang di pandu oleh badan pembina ideologi Pancasila (BPIP), Bapak Rizwan, S.STP, MM,  menyampaikan, Proses pendaftaran calon anggota paskibraka dibuka pada tanggal 18 Pebruari 2023 melalui aplikasi Transparansi paskibraka yang dapat di akses melalui laman (paskibraka.bpip.go.id).

Penutupan pendaftaran calon anggota paskibraka di daerah belum dapat ditentukan, mengingat kendala yang terjadi di masing masing daerah akibat akses pendaftaran yang hanya di lakukan melalui online  dan baru di laksanakan pada tahun 2023.

Untuk program pelaksanaan paskibraka tahun 2023 yang masih dilaksakan oleh Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten atau kota maka Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten (Kesbangpol) atau kota melakukan sinergi dengan cara menyediakan operator komputer Sebagai admin penerimaan pendaftaran dan proses seleksi calon anggota paskibraka tahun 2023.

Arahan dan pelaksanaan program kegiatan bidang ideologi tahun anggaran 2023 dalam hal ini di sampaikan oleh kepala bidang ideologi, wawasan kebangsaan dan karakter bangsa badan kesatuan bangsa dan politik provinsi Lampung.

Selain itu, Bapak Saprul Al Hadi. S.STP. MM, menyatakan bahwa, perlunya kesamaan program dan kegiatan tahun 2023 antara badan kesatuan bangsa dan politik provinsi Lampung dengan badan kesatuan bangsa dan politik kabupaten atau kota,
Pelaksanaan program kegiatan Paskibraka tahun 2023 di Provinsi Lampung yang dilaksanakan oleh badan kesatuan bangsa dan politik, baru di laksanakan oleh 6 kabupaten atau kota se-provinsi Lampung diharapkan pada tahun 2024 program kegiatan tersebut dapat dilaksanakan oleh seluruh badan Kesbangpol Se-Provinsi Lampung. (PERI)

Tidak ada komentar