Header Ads

ads header

Breaking News

SPBU Kode 24-345-88, Memperbolehkan Pengecoran Pakai Derigen Plastik



Tulang bawang Lampung (SUARA INTELEKTUAL COM) Pengawas oknum berinisial (PA)  SPBU mengatakan mengenai pembelian pengecoran bensin jenis pertalite menggunakan derigen plastik dengan lantang bicara dengan Tim awak media 

Ia mengatakan diperbolehkan mengecor alasannya itupun aturan dari pertamina, SPBU No Kode.24-345-88, Lintas Timur Rawa Jitu, Kecamatan Rawa Jitu Selatan

Semestinya pengawas (PA) SPBU 24-345-88 tidak mungkin tidak tahu peraturan dari Pertamina yang sudah diatur dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan.

"Derigen plastik tidak dibolehkan, sebab berkaitan dengan segitiga api, yaitu BBM, panas dan udara cukup. Derigen plastik juga ada listrik statis yang ditakutkan bisa memicu api," kata Joni Media Kabar Nusantara pada hari Rabu 02 Agustus 2023

Adapun jenis BBM lain diperbolehkan namun dengan ketentuan khusus. Misalnya, Pertalite dan Pertamax boleh pakai derigen tapi harus bermaterial logam. Adapun untuk Dexlite boleh pakai derigen plastik asalkan dengan spesifikasi khusus.


1. SPBU hanya boleh menyalurkan Bahan Bakar Premium dan Minyak Solar (Bersubsidi/PSO) untuk penggunaan akhir dan dilarang keras menjual Premium dan Minyak Solar pada wadah kemasan/derigen untuk dijual kembali ke konsumen.

2. Penjualan Bahan Bakar Khusus Jenis Gasoline Series (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) dapat dilayani menggunakan wadah kemasan/derigen yang terbuat dari material dari unsur logam.

3. Penjualan bahan Bakar Khusus Jenis Diesel Series (Pertamina Dex, Dexlite) dapat dilayani dalam wadah kemasan/derigen yang terbuat dari bahan/material dari unsur logam atau bahan HDPE (High Density polyethylene) sejenis thermoplastic khusus yang terdapat simbol HDPE2 pada kemasannya.(Red/melodi)

Tidak ada komentar