Header Ads

ads header

Breaking News

"Rakorda" AWPI Lampung Bakal Gelar Diklatsar



Bandarlampung (Suara intelektual com)Fokus pada peningkatan kapasitas Anggota, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Provinsi Lampung akan gelar Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Jurnalistik AWPI.

Diklatsar tersebut adalah program yang dirumuskan oleh AWPI dalam peningkatan dan penguatan kapasitas bagi anggota AWPI.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPD AWPI Provinsi Lampung Refky Rinaldy didampingi oleh Cut Habibi selaku sekretaris DPD saat menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) bersama DPC AWPI Se-Lampung, Sabtu (23/07/2022) bertempat di Kantor DPD AWPI Provinsi Lampung.

"AWPI lampung terus fokus pada penguatan kapasitas SDM, dan salah satu program yang akan kita gelar yakni Diklatsar. Dan ini sifatnya internal AWPI saja, karena Diklatsar sudah menjadi ketentuan khusus dalam organisasi AWPI guna meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM AWPI," Kata Refky.

Saat ditanya perihal Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Ketua AWPI Lampung itu juga menjelaskan bahwa, Diklatsar ini berbeda dengan UKW. "Diklatsar Ini bagian dari pendidikan internal AWPI, dan ini juga dalam rangka persiapan untuk mengikuti jenjang UKW nantinya, menyusul MoU yang sudah dilakukan oleh DPP bersama dengan Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dalam rangka menggelar UKW, maka menuju ke UKW tersebut kita perlu persiapan yang matang, salah satu nya Diklatsar ini," ucap Refky.

Selain itu ia juga memaparkan bahwa, profesionalitas seorang wartawan harus betul-betul diterapkan. Maka rangkaian nya pun harus profesional.

"Apa yang mau diujikan kalau latihan aja enggak, anak sekolah saja sebelum ujian ada latihan nya dulu sehingga saat ujian berlangsung siswa tersebut gak kebingungan, karena sudah ada bahan untuk di ujikan, kira-kira kan begitu logik nya," ujar Ketua DPD AWPI Provinsi Lampung itu.

Sementara itu, Ketua DPC AWPI Kabupaten Pesawaran, Musonip mendukung penuh rencana yang disampaikan Refky Ketua DPD AWPI Lampung dalam Rakorda tersebut.

"Jelas untuk DPC AWPI Pesawaran mendukung dan menyambut program ini. Saya juga akan bersiap-siap di DPC, akan saya sampaikan kepada seluruh anggota, kita dukung penuh DPD pokoknya, satu komando sama pak Ketua DPD AWPI Lampung," ujar Musonip.

Senada, Ketua DPC AWPI Kabupaten Tulang Bawang Barat, Fathoni juga siap menyukseskan program Diklatsar AWPI tersebut.

"Tulang Bawang Barat siap, termasuk menuju ke UKW nantinya kita pun siap," pungkasnya. (*)

Tidak ada komentar