Header Ads

ads header

Breaking News

Penjabat Bupati Tulang Bawang, Qudrotul Ikhwan, melalui Kepala Kesbangpol Tulang Bawang, Saut Sinurat, membuka kegiatan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Ke-VIII Tingkat Kabupaten



Tulang Bawang  Lampung (Suara intelektual com)Penjabat Bupati Tulang Bawang, Qudrotul Ikhwan, melalui Kepala Kesbangpol Tulang Bawang, Saut Sinurat, membuka kegiatan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Ke-VIII Tingkat Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2023, diaula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang. Rabu (19/7). 

Adapun peserta Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Ke-8 Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Tulang Bawang ini berasal dari 15 Kecamatan Se-Kab. Tulang Bawang, dengan peserta kurang lebih sebanyak 120 orang.

Cabang Lomba STQ Ada 10 Cabang yang akan dilombakan pada STQ ini, meliputi, Tartil Qur’an Putra dan Putri, Tilawah Al-Qur’an anak-anak Putra dan Putri, Tahfidzul Qur’an 1 Juz Putra dan Putri, lalu Tahfidzul Qur’an 10 Juz Putra dan Putri, Fahmil Qur’an Putra dan Putri, Syarhil Qur’an Putra dan Putri,
Khottil Qur’an Penulisan Naskhah Putra-Putri
Khottil Qur’an Kontemporer Putra-Putri
Qiro’at Murotal Remaja Putra-Putri serta
Qiro’at Murotal Dewasa Putra-Putri.

Ketua I Pengurus LPTQ Kabupaten Tulang Bawang, H.A. Jalaluddin, mengatakan, 
Tahun 2021 Kabupaten Tulang Bawang berada pada Peringkat Ke-VIII (Delapan) dan pada Tahun 2022, kita memperbaiki capaian Peringkat yaitu pada Peringkat VII (Ketujuh), dan pada 2 (dua) tahun sebelumnya (karena covid) kita hanya mampu berada diluar peringkat X (sepuluh). Ini semua dapat diraih berkat kekompakan dan kesungguhan kita semua, Pemda Kab. Tulang Bawang, Kemenag, para pelatih, official dan tentunya para Peserta yang tergabung dalam Kafilah Kab. Tulang Bawang.

"Kita tidak boleh mudah puas pada prestasi yang kita capai pada tahun kemarin, upaya pelatihan dan pembinaan senantiasa kita lakukan secara terus menerus kepada kafilah Tulang Bawang. Dan kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Ke-8 kita hari ini adalah upaya untuk mempertahankan yang pernah diraih dan bersyukur jika mampu lebih baik lagi,"kata Jalaluddin, yang juga sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang. 

Lebih lanjut, H.A. Jalaluddin, mengatakan, Tantangan kita Tahun ini tidak lebih mudah dari tahun kemarin, dengan adanya regulasi bahwa Peserta MTQ Ke-50 Tingkat Propinsi Lampung Tahun 2023 yang mengharuskan 10 Cabang Lomba adalah Putra Daerah merupakan tantangan yang harus kita hadapi dan mari kita jadikan tantangan ini adalah peluang untuk memajukan Kabupaten Tulang Bawang. Dan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Ke-8 ini merupakan salah satu ihktiar Pengurus LPTQ Kab. Tulang Bawang untuk menggali segenap potensi terpendam putra-putri yang ada di Bumi Udang Manis. 

"Kepada seluruh anak-anakku yang mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Ke-8 Tahun 2023 Kabupaten Tulang Bawang ini diberikan reward/penghargaan Transport dan Uang saku dan yang berprestasi Juara 1 (Satu) akan mendapatkan Transport dan Uang saku serta Piagam Penghargaan sebagai Duta/Kafilah dari Kabupaten Tulang Bawang untuk mengikuti MTQ Ke-50 Tingkat Propinsi Lampung yang akan dilaksanakan pada September di Bandar Lampung. Dewan Hakim yang akan bertugas pada Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ini terdiri dari 2 Kategori, 
Dewan Hakim Propinsi sebanyak 13 orang
Dewan Hakim Kabupaten 10 orang
Kita gunakan Dewan Hakim Propinsi Lampung ini dalam rangka menjaga standarisasi mutu/kwalitas Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ini untuk bisa berlaga pada MTQ Ke-50 Tingkat Propinsi Lampung,"ujarnya. 

Penjabat Bupati Tulang Bawang, Qudrotul Ikhwan, diwakili Kepala Kesbangpol Tulang Bawang, Saut Sinurat, mengawali sambutan saya perkenankan saya atasnama pribadi atau Pemkab Tulang Bawang mengucapkan selamat tahun baru islam 1445 hijriah Tahun 2023.

"Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini, melalui STQ Ke-VIII tingkat Kabupaten Tulang Bawang yang memperlombakan 10 cabang. Diharapkan bisa mendapatkan bibit-bibit unggul calon kafilah Kabupaten Tulang Bawang dalam MTQ untuk tingkat Provinsi Lampung,"kata Saut Sinurat.

Banyak pondok pesantren yang tersebar di Kabupaten Tulang Bawang membuat saya optimis ada peserta yang berkualitas. Untuk itu, saya berharap kepada dewan hakim yang berkualitas agar dapat memberikan penilaian secara objektif dan adil.

"Kepada seluruh peserta, saya berharap dapat menunjukkan kemampuan terbaik, kesempatan untuk mengharumkan nama Kabupaten Tulang Bawang di MTQ Tingkat Provinsi Lampung sangat terbuka bagi peserta yang memang memiliki kemampuan terbaik,"ujar Saut Sinurat.

Saya juga mengucapakan terimakasih atas kinerja Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang yang telah hadir menciptakan serta melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. 

"Yang akhirnya menciptakan kerukunan hidup di tengah - tengah masyarakat, sehingga brand Tulang Bawang sebagai Kabupaten Udang Manis dapat terwujud,"tambah Saut Sinurat.(red).

Tidak ada komentar