Header Ads

ads header

Breaking News

DLH pemkab tuba gelar Konsultasi Publik I penyusunan KLHS dan Revisi RPJPD




Tulang bawang Lampung (suara intelektual com)
Mengawali Bulan Maret Tahun 2023, Dinas Lingungan Hidup kabupaten tulang bawang menggelar Konsultasi Publik I Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Revisi Rencana Pembangunan Jangka panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Tulang bawang Tahun 2025-2045. Acara dilaksanakan Di Ruang Rapat Utama Lantai 2 Kantor Bupati tulang bawang. Kamis (02/03/2023)

Kegiatan ini dihadiri Oleh Penjabat Bupati Drs. Qudrotul ikhwan MM, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Yen dahren, kepala badan perencanaan pembangunan Dicky Soerachman, kepala Badan Pusat Statistik dan perwakilan Institut Teknologi Sumatera,

Dalam sambutannya Pj Bupati Qudrotul ikwan menyampaikan bahwa dengan adanya tujuan teridentifikasinya target serta capaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan, maka kegiatan Konsultasi Publik ini merupakan hal yang sangat penting.

karena KLHS bukan proses teknokratik atau ilmiah saja, melainkan merupakan proses deliberatif yang mengutamakan keterlibatan para pemangku kepentingan, sehingga KLHS ini sarat proses komunikasi melalui negosiasi untuk mencapai kesepakatan bersama serta mengatasi konflik yang bisa terjadi dalam proses KLHS ini. Tuturnya

Masih Pj bupati Qudrotul ikhwan dalam sambutannya mengatakan bahwa Dalam pelaksanaan nanti harus dilakukan banyak metode seperti diskusi kelompok terfokus (focus discussion group) yang bertugas membahas beberapa isu secara khusus dengan anggota yang terbatas dari pada model diskusi publik terbuka (public hearing).

Sehingga diskusi mengenai beberapa isu spesifik dapat dilakukan secara khusus dan tajam dengan jumlah peserta yang terbatas, agar dialog dan pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan lebih efektif. Paparnya

Pertemuan hari ini sangat penting untuk menentukan isu strategis apa yang akan kita angkat dan kerjakan dalam lima atau sepuluh tahun kedepan.

Beliau berharap dengan ada KLHS, maka penyusunan RPJPD dapat lebih terarah. Sehingga harapan kita  tersusun pula perencanaan kegiatan yang baik, membumi dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Pungkas Qudrotul.(red)

Tidak ada komentar