Header Ads

ads header

Breaking News

pemerintah kabupaten waykanan melakukan uji pengaliran program peningkatan irigasi


WAY KANAN (SUARA INTELEKTUAL COM)Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan melakukan uji pengaliran (running test) sistem jaringan irigasi air persawahan di Kecamatan Banjit, Jumat (27/1/2023).

Uji pengaliran program peningkatan daerah irigasi tersebut disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Way Kanan, Ali Rahman, dengan didampingi pejabat dinas PUPR setempat.


“Alhamdulillah, saat ini Kabupaten Way Kanan mulai diperhatikan. Kenapa begitu, karena mulai banyak dibangun rehab saluran irigasi. Artinya, tidak akan lama lagi kita bisa bersaing dengan daerah Martapura, Sumatera Selatan,” kata Ali Rahman.
Menurutnya, Martapura yang memiliki bendungan besar menjadi keuntungan tersendiri bagi para petani padi.

“Mereka (petani) bisa menanam padi hingga tiga kali dalam satu tahun. Hal ini lah yang menjadi harapan ke depan Kecamatan Banjit bisa melakukan hal yang serupa,” jelas dia.
Di lain sisi, Ali Rahman juga sempat menyingung soal pengerjaan proyek yang mutu dan kualitasnya tidak bagus.
“Soal proyek, harus tetap diperbaiki oleh kontraktornya sebab ini baru tahap pengesahan pertama, jika memang dipastikan semua bagus maka baru bisa PHO. Tapi jika ada temuan pengerjaan proyek tersebut yang pengerjaannya asal-asalan maka perusahaan tersebut akan di proses melalui jalur hukum,” tegas dia.

Ali rahman pun menekankan, agar proyek pengaliran program peningkatan daerah irigasi di Way Kanan berjalan baik dan sesuai dengan aturan .

“Apapun yang dikerjakan ada aturannya, dan sudah tertuang dalam undang-undang. Jadi jangan sembarangan mengambil uang negara,” kata dia.

Terpisah, ketua DPC Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Kabupaten Way Kanan, Agus Medi, turut mengapresiasi komitmen pemerintah daerah dalam upaya peningkatan daerah irigasi.
“Tentunya kita semua berharap program-program tersebut dirasakan secara nyata oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujar Medi, Jumat (27/1/2023).
Menurutnya, sebagai salah satu lembaga NGO (Non-Government Organozation) sangat berharap adanya keberlanjutan program demi kemaslahatan bersama.

“Kami bakal terus mengawal jalannya pemerintahan, mengawasi serta bermotivasi agar semua berjalan lancar sesuai peraturan,” kata dia.

Diketahui, uji pengaliran program peningkatan daerah irigasi Way Umpu saluran sekunder ini dikerjakan oleh PT Bina Nusa Lestari, melalui sumber dana dari surat berharga syariah negara atau SBSN.(red )

Tidak ada komentar