Header Ads

ads header

Breaking News

Sekolah Dasar (SD) Negeri5 Simpang Pematang Mesuji Lampung, ditenggarai dijadikan Lahan Korupsi Oleh Oknum setempat.ini keterangannya

Mesuji-(Suara intelektual.com)Penggunaan Dana Bantuan Oprasianal Sekolah (BOS) Tahun anggaran 2020 di Sekolah Dasar (SD) Negeri5 Simpang Pematang Mesuji Lampung, ditenggarai dijadikan Lahan Korupsi Oleh Oknum setempat. 

Pasalnya dari data yang diperoleh Dana BOS yang dicantumkan dalam laporan disinyalir tidak sesuai dengan penerapan dilapangan. 

Hal itu disampaikan Oleh AndreyantoBasuki, Seketaris DPW Provinsi Lampung,Lembaga Masyrakat Indonesia Maju(MIM) mengungkapkan regulasi penggunaan dana BOS di SDN5 Simpang Pematang Mesuji Lampung, dijadikan Lahan Korupsi Oleh Kepsek. 

Banyak Item Penggunaannya diluar nalar logika Dan sangat tidak singkron dengan penerapan dilapangan, salah satu contoh kegiatan eksrakulikuler pada masa pandemi, justru dianggarkan dengan angka cukup fantastis padahal diketahui saat itu KBM dilakukan secara daring tanpa tatap muka, "kata AndreyantoBasuki. 

AndreyantoBasuki, menguraikan, selain eksrakulikuler juga terdapat kompenen lain yang diduga terdapat kegiatan fiktif tahap 2-3 pada anggaran 2020.

" Yang saya herankan disaat dimintai tanggapan Kepada Kepala Dinas pendidikan Mesuji Lampung melalui via telpon WhatsApp dari pemberitaan sebelumnya mengatakan "waduh bang Luka lama , entah kemana lagi barang itu tahun 2020 nanti saya sampaikan ke dikdas untuk hubungi abang kebetulan dia dibandar Lampung", kemudian selang beberapa hari dikdas komunikasi dengan jurnalis suara intelektual menjajikan untuk bisa mengobrol bareng untuk bisa mendapatkan tanggapan dari berita yang sudah ditayangkan sebelumnya namun Dikdas pendidikan Mesuji Lampung tidak bisa menemui jurnalis kami untuk memberikan statement dengan alasan " Lagi capek, Dan enggak sehat badan karena cuaca , Dan kami meminta dikdas kabupaten Mesuji Lampung untuk memanggil Oknum kepala sekolah tersebut "iya nanti Akan saya pertemukan dengan Kepsek nya biar bisa ngobrol bareng tentang pemberitaan yang ada" Ungkapnya namun disayangkan saat kami masih mencoba untuk Menghubungi kembali di waktu yg sudah dijanjikan masih men jawab"nanti kalau sudah bisa saya kabar kan "ujar dikdas melalui pesan WhatsApp nya. 
Kepala sekolah SDN5 Simpang Pematang Mesuji Lampung mendapatkan pembelaan dari para petinggi Dinas pendidikan kabupaten Mesuji Lampung,  Penjelasan yang disampaikan Oleh Kepala Dinas, kabid Dikdas Kabupaten Mesuji Lampung terkesan membiarkan prilaku Kepsek SDN5 Simpang Pematang Mesuji Lampung. 

"Yang lebih Meng herankan lagi setiap kali kami mencoba untuk melakukan komunikasi dengan SN selaku Kepala sekolah SDN5 Simpang Pematang Mesuji Lampung yang bersangkutan selalu menghindar dihubungi lewat via telpon Dan WhatsApp setelah dilihat pesan kami posisi hp dalam keadaan aktif namun diabaikan begitu saja bahkan diblokir, tentu hal ini menjadi pertanyaan besar bagi kami, ada apa Oknum ini selalu menghindar , "tegas AndreyantoBasuki. 

Dari hal itu, AndreyantoBasuki menyayangkan atas prilaku Oknum kepala sekolah ini yang lebih menutup diri Dan menggunakan jurus petak umpet. 

Padahal sudah jelas, itu uang Negara sesuai UU NO 14 tahun 2008 , tentang keterbukaan Publik," Jelas nya. 

AndreyantoBasuki memastikan dalam waktu dekat pihaknya Akan melakukan kordinasi dengan aparat penegak hukum setempat Guna menindak Lanjuti Permasalahan ini.

"Tentu Akan segera kita tindak Lanjut ke APH setempat, jika Perlu penggunaan BOS selama yang bersangkutan menjabat sebagai Kepala sekolah Perlu ditelusuri jika Perlu Diaudit Ulang, jika terdapat tindakan Korupsi maka kami minta Oknum pelaku diberikan sanksi sesuai undang-undang yang berlaku, " Tutupnya. 
(TIM)

Tidak ada komentar