Header Ads

ads header

Breaking News

Lembaga Survey Lampung Research Centre (LRC) umumkan hasil survey sementara terkait Pilkada Pesawaran, yang diikuti 2 kandidat paslon, yakni Paslon nomor urut 01 Nasir- Naldi dan Paslon nomor urut 02 Dendi- Marzuki.



 PESAWARAN- Lembaga Survey Lampung Research Centre (LRC) umumkan hasil survey sementara terkait  Pilkada Pesawaran, yang diikuti 2 kandidat paslon, yakni Paslon nomor urut 01 Nasir- Naldi dan Paslon nomor urut 02 Dendi- Marzuki.

Survey LRC yang dilaksanakan secara proporsional dan akurat pada 02- 09 November 2020, dengan menggunakan metode Stratified multistage random sampling kepada 410 responden, dengan margin of error 2,4 persen pada 41 desa DPT terbanyak, dari 11 kecamatan yang ada di kabupaten setempat.

Dimana pengumpulan data  yang telah didapat, dihasilkan dengan cara melakukan wawancara tatap muka dengan kuisioner dan penerapan simulasi kertas suara kepada 10 responden di setiap desa, yang dipilih secara acak pada 41 desa terpilih tersebut.

Dari hasil Survey LRC , pada responden di 11 kecamatan, yang dirilis dan diumumkan,  oleh Direktur Eksekutif LRC, A. Yanuar 

" Secara kumulatif suara. Pasangan Nasir- Naldi (Bersinar ) memperoleh 52 persen - Pasangan Dendi- Marzuki (Dermawan) meraih 39  persen dan yang belum menentukan pilihan sebanyak 8 persen," papar, Gunawan dari Lembaga LRC, saat Press Confferens, di Cafe Desa Taman Sari, Gedongtataan, Rabu (18/11/20)

Sedang untuk tingkat keterpilihan bagi kedua paslon berdasarkan wilayah kecamatan lanjutnya, Pasangan Bersinar unggul di 7 kecamatan sedang Dermawan menang hanya di 4 kecamatan.

" Bersinar unggul di  Kecamatan, Tegineneng, Negeri Katon, Gedongtataan, Way Lima, way Khilau, Teluk Pandan dan Kecamatan Padang Cermin. Sedang Dermawan menang di Kecamatan Kedondong, Way Ratai, Marga Punduh dan Kecamatan Punduh Pedada," urainya.

Begitupun terhadap tingkat dukungan berdasarkan kelompok seperti, gender, suku, pendidikan SD, SMP, SMA dan Diploma. Kelompok buruh, tani, nelayan, pengajar, karyawan baik swasta dan negeri di kabupaten setempat.

" Dari sekian sejumlah kelompok itu, rata- rata tingkat dukungannya lebih besar memberikan dukungannya kepada pasangan Bersinar dibandingkan ke Dermawàn," urainya lagi.

" Begitupun dukungan dari basis Agama Islam, 53, 1 persen ke Bersinar dan Dermawan 36 persen. Tapi kalo dukungan dari basis partai, Dermawan unggul meraih 60 persen," imbuhnya.

Terkait kecenderungan responden lebih memilih pasangan Bersinar di bandingkan pasangan petahana Dermawàn.

" Disini faktor sebagai Putra Daerah Pesawaran, sangat menentukan keberpihakan responden untuk lebih memilihnya, dibandingkan calon lainnya ," pungkasnya (Tejo)

Tidak ada komentar