Header Ads

ads header

Breaking News

M Nasir Di Beri Gelar Adat Dalom. Cahya Makhga Oleh Kebandakhan Makhga Waylima

 


PESAWARAN- suara intelektual.com Calon Bupati Pesawaran nomor urut 1, M. Nasir, diberi gelar adat, Dalom Cahya Makhga, oleh Kebandakhan Makhga Way Lima, yang mencakupi 14 Penyimbang Adat yang ada di Kecamatn Way Lima, Kedondong dan Kecamatan Way Khilau kabupaten setempat.

Prosesi pembacaan SK pemberian Gelar Dalom Cahya Marga kepada M. Nasir, disaksikan langsung oleh Ketua Kebuaian Adat Sebatin, Way Lima dan Kedondong, Bapak Agus Bastian, gelar Suntan Bandhakh Makhga.

Menurut, Agus Bastian gelar Sutan Bandakh Makhga mengatakan, pemberian gelar Dalom Cahya Makhga kepada M. Nasir,  murni merupakan acara adat semata tidak ada kaitannya dengan Pilkada Pesawaran.

" Pengenian adok  jama M. Nasir, ulih  kehangguman, pekhenguk sikam jama Ia (Pemberian gelar adat ini, sebagai bentuk kekagumana dan rasa sayang kami sama M. Nasir) ," ungkap Agus Basiàn, Sabtu ( 17/10/20)

Lebih lanjut dikatakannya, pemberian adat kepada salah satu calon bupati ini, sudah melalui tahapan panjang dari hasil musyawarah bersama para tokoh adat, sampai diputuskannya untuk mengakui saudara M. Nasir sebagai keluarga adat Bandkha Mahkga.

" Jadi perlu di perjelas dan diketahui, agar tidak disalah artikan. Saya katakàn disini, pemberian gelar adat ini, tidàk ada urusannya dengan pilkada, itu harus di garis bawahi " ujarnya.

" Untuk pilihan, semua kita serahkan sepenuhnya kepada pribàdi  masing- masing warga adat. Biarlah mereka sendiri yang menentukan untuk memilih calon terbaik, yang akan memimpin Pesawaran nanti," tambahnya lagi.

Sementara Calon Bupati Pesawaran nomor urut 1, mengungkapkan rasa hormat dan terima kasihnya kepada Kebandkhaan Makhga, yang telah mempercayai dirinya untuk menyandang gelar Dalom Cahya Makhga dan menjadikannya sebagai keluarga sendiri di Kebuaian Sebatin tersebut.

" Dengan rasa bangga dan hormàt kami sekeluarga besar. Saya ucapkan banyak terimakasih  atas kepercayaan para tokoh adat disini, yang telah memberikan gelar adat "Dalom Cahya Makhga" kepada saya. Semoga gelàr ini dapat memberikan cahaya harapan bagi masyarakat disini," singkatnya (Tejo)

Tidak ada komentar