Header Ads

ads header

Breaking News

Kegiatan Program BSPS dan NAHP Bedah Rumah sebanyak 300 Unit berjalan sesuai harapan masyarakat se tulang bawang

 

TULANG BAWANG /SUARA INTELEKTUAL.COM Kegiatan BSPS NAHP (National AF ortable Housing Program) adalah untuk meningkatkan prakarsa MBR dalam pembangunan/peningkatan kualitas rumah yang layak huni, sehat, aman, serasi dan teratur serta berkelanjutan. Untuk mencapai hal tersebut Pemerintah melakukan pendampingan dan pembinaan.oleh dinas PUPR tulang bawang

Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) merupakan Program Pemberdayaan Masyarakat yang berfokus pada peningkatan keswadayaan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan ruma secara mandiri. 

Dengan berdasarkan peraturan  menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat nomor   7/PRT/M/2018 tentang bantuan stimulan perumahan swadaya,

Undang -undang no:1 tahun 2011 tentang perumahan dan kawasan permukiman.

BSPS berbeda dengan Program Bedah Rumah yang dikenal masyarakat awam, karena masyarakat penerima manfaat program harus terlibat aktif dalam seluruh tahapan kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pertanggungjawaban Ujar nya.

Peran aktif ini diharapkan dapat mengunggah rasa komitmen masyarakat terhadap program dan rasa memiliki rumahnya karena rumah tersebut menjadi aset pemilik atau penerima manfaat program.

Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang melalui Dinas PUPR setempat,  melaksanakan Program BSPS dan Program Bedah Rumah sebanyak 300 Unit kepada masyarakat Tulang Bawang.

Ini dijelaskan Irawan, ST selaku PPTK Dinas PUPR Tulang Bawang kepada wartawan suara intelektual.com, Kamis 24 September 2020.

Irawan mengatakan, jumlah alokasi penerima bantuan program BSPS Kabupaten Tulang Bawang sebanyak 200 Unit, yang terletak di 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Menggala, Kecamatan Menggala Timur dan Kecamatan Banjar Baru. 

Di Kecamatan Menggala, Kelurahan Menggala Kota 25, Menggala 25, Menggala Tengah 25 dan Ujung Gunung 25 Unit.

Di Kecamatan Menggala Timur, Kampung Cempaka Jaya 25, dan Kibang Pacing sebanyak 25 Unit.

Dan Kecamatan Banjar Baru, Kampung Panca Mulya sebanyak 25, Karya murni Jaya 25 Unit.

Sedangkan, penerima bantuan program Bedah Rumah Irawan menjelaskan, Kabupaten Tulang Bawang sebanyak 100 Unit, di 3 Kecamatan, yaitu Kampung Tiuh Toho Kecamatan Menggala 20, Lebuh Dalem Kecamatan Menggala Timur 20 dan Kecamatan Dente Teladas sebanyak 60 penerima bantuan," papar Irawan.

Dengan adanya program bedah rumah masyarakat  tulang bawang  merasakan banyak terima kasih kepada bupati dan kepala dinas PUPR meilan aziz yang telah ikut serta mensukseskan program yang dimaksud tutupnya (PERI)

Tidak ada komentar