Header Ads

ads header

Breaking News

Menuju new normal BPBD tuba pedoman tatanan dan memperketat protokol kesehatan

Kanedi A.pi.M.H, BPBD &sekertaris nurwansyah s.sos.m,si .BPBD


BPBD Tulang Bawang  Pedoman Tatanan Menuju New Normal dan Memperketan Protokol Kesehatan


Menindaklanjuti surat edaran Bupati Tulang Bawang Nomor: 800/507/VI.4/TB/2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Bagi Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang.

Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulang Bawang, menuju New Normal dengan tetap mengikuti pratokol kesehatan. Kepala Pelaksana BPBD Kanedi, A.PI.M.H yang diwakili Sekretaris Nurwansyah, S.SOS.MSi. mengatakan, di are menuju New Norma pihaknya tetap perketat protokol kesehatan dimulai dengan para pegawai dan staf nya.

“Setiap habis apel pagi petugas jaga melakukan pengecekan suhu tubuh kepada para staf, apabila mencapai suhu 37,4 maka pegawai atau sfaf tersebut akan diijinkan pulang dan dianjurkan untuk cek kesehatan di Puskesmas terdekat atau Rumah Sakit (RS), apabila suhu badan nya normal seperti 36 atau lebih asalkan tidak mencapai 37 pegawai staf tersebut dipersilahkan masuk kantor, dan melakukan aktifitas tugas seperti biasa nya” ujar dia kepada awak media Jum’at (19/06/2020).

“Suatu contoh untuk tempat duduk para tamu yang ingin mengurus berkas atau sebagainya, tempat duduk atau kursi sudah kita berlakukan physical distancing (jaga jarak) artinya kita sangat mendukung himbauan untuk melakukan menuju protokol kesehatan,” ucap Nurwansyah.

Bahkan, lanjut Nurwansyah, setiap hari sebelum melakukan aktifitas kantor di pagi hari para staf dan pegawai diharuskan membawa hand sanitizer, sajadah pribadi dan harus menggunakan masker. Masih ungkapan Sekretaris BPBD Nurwansyah, “sesuai dengan harpan Pemerimtah, bahwa pihak BPBD merupakan sebagai contoh didalam penerapan menuju New Normal. Karena BPBD merupakan tempat pelayanan untuk masyarakat khususnya dengan kebencanaan.”

Dan kami sudah berupaya untuk memutus mata rantai virus covid-19 ini, dengan cara yang sudah kami lakukan upaya mendirikan posko penjagaan di setiap titik pintu masuk atau pintu perbatasan wilayah, pemeriksaan kendaraan atau penumpang yang melintas daerah posko tersebut, khususnya di wilayah 6 titik posko penjaga yang sudah kita dirikan.

Adapun wilayah akses yang sudah kita dirikan posko, posko daerah Astra yang mana pintu masuk akses dari berbatasan Lampung Tengah, posko Brimob yang masuk akses dari berbatasan Tulang Bawang Barat, posko Bawang Latak lintas timur yang berbatasan Lampung Tengah, posko Bujuk Angung berbatasan dengan Mesuji, posko Banjar Baru berbatasan unit 6 dan pintu Tol, kemudian di pasiran jaya yang berbatasan dengan Lampung Tengah. Ungkapnya.

Untuk semua proses ini sudah berjalan salama 2 bulan bahka ada perpanjangan 1 bulan kemudian oleh Bupati Tulang Bawang Hj Winarti SE.MH tidak sampai 1 bulan, namun di sambung dari tgl 5 juni sampai tgl 16 juni, karena harapan Bupati Winarti, sesuai dengan saran Gubernur Lampung Arinal Djunaidi semua posko penjagaan sangah bagus, namun tetapi sekarang untuk menyonsong menuju new normal untuk orang yang berkerumun untuk dijaga.

Maka posko yang ada di wilayah 6 titik ini akan dipindahkan ke pasar dan adapun 4 wilayah pasar, pasar menggala, pasar unit II, pasar rawajitu selatan, dan pasar pasiran jaya, di pasar inilah yang akan kita dirikan posko penjaga menuju new normal dan menerapkan pratokol kesehatan.

Dengan bertujuan, pengunjung pasar termasuk pedagang kita himbau supaya mereka melaksanaka pratokol kesehatan. Yang pertama mereka di wajibkan mengunakan masker, cuci tangan, dan saling jaga jarak diantara penjual dan pembeli atau satu sama lain, semuanya itu adalah harapan kami dalam menyambut menuju new normal.

Semuanya ini akan kita laksanaka selama 1 bulan, posko yang akan kita siapkan ini akan terlaksanakan pada hari rabu tgl 24 Juni sampai dengan tgl 23 Juli, nanti kita liat gimana perkembangan nya, dan semua ini kita terapkan untuk mencegah penyebaran virus dan kita pun menuju new normal khususnya di Kabupaten Tulang Bawang.

Alhamdulilah, sampai sekarang daerah Tulang Bawang mendapatkan status Zona Hijau, untuk zona hijau ini yang perlu kita pertahankan. Dan kita berharap kepada masyarakat bisa menerapak pratokol kesehtan itu sangat penting, maka Pemerintah Daerah selalu mensosialisasikan kepada masyarakat. Paparan Sekrataris Nurwansyah. (Red/riki)

Tidak ada komentar