Header Ads

ads header

Breaking News

Bupati Himbau Kepala Tiyuh Manfaatkan SDM Desa


Bupati tulang bawang barat 


Bupati Himbau Kepala Tiyuh Manfaatkan SDM Desa


TULANGBAWANG BARAT –suara intelektual.com Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad S.P menghimbau seluruh kepala tiyuh (desa) agar selalu memanfaatkan sumber daya manusia yang ada di desa. Begitupun dengan kegiatan atau program – program di desa, seharusnya padat karya atau swakelola kepada masyarakat.

“Jangan selalu pihak ketigakan program di desa, namun manfaatkan masyarakat setempat. Namanya saja padat karya, berarti warga disitu yang harus kerja. Ini juga supaya uang berputar di desa-(red),”  tuturnya.

Lanjutnya, agar setiap kepalo tiyuh dapat meningkatkan budaya lokalnya, kita jadikan setiap tiyuh yang ada di Tubaba menjadi desa yang memiliki ciri khasnya.

“Kita harus mempunyai tekad dan kemauan yang sama menjadikan desa lebih maju dan mandiri yang akan berdampak pada taraf hidup masyarakat. Sudah banyak dana yang mengalir ke desa dengan jumlah yang tidak sedikit. Kita harus menyadari betul bahwa ini berkat yang harus diurus, dikelola dan dimanfaatkan sebaik–baiknya,” katanya.

Seperti diketahui Kabupaten Tulang Bawang Barat memiliki 93 tiyuh (desa) yang sudah menerima dana desa (DD) namun dalam pengamatan penulis sampai saat ini belum ada tiyuh-tiyuh yang menunjukkan kemajuan dalam segi peningkatan taraf hidup masyarakat setempat. Hanya saja terkesan penggunaan dana desa selalu untuk pembangunan fisik bukan pembangunan ekonomi desanya.

Hal ini perlu menjadi perhatian serius oleh pemerintah setempat baik dinas terkait dan pendamping desa,hal ini terjadi kemungkinan dikarenakan kurangnya management perencanaan dan SDM pengelola yang kurang mumpuni maka untuk merubah hal itu semua desa perlu mengadakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kreatifitas masyarakatnya. (Feri satria)

Tidak ada komentar